Rabu, 19 Agustus 2009

Masjid Agung Jawa Tengah



Semarang, Semarang, jalan-jalan ke Semarang.... Hmm kali ini Sang Lirak akan bahas Masjid Agung di Semarang. Sebuah masjid dengan arsitektur unik dan menarik. Hmm mau tau kayak apa menariknya?



Hmm disini ada semacam payung yang bisa dikembangkan pada saat shalat Jumat. Bentuk payungnya unik mirip masjid di Arab Saudi. Suasananyapunsangat teduh dan nyaman, hmm bisa dikatakan masjid ini sangat cocok untuk i’tikaf dan merenung.

Selain itu ada keunikan lain dari masjid ini. Apa itu? Di sana ada sebuah menara yang digunakan sebagai tempat untuk melihat posisi bulan (untuk menentukan kapan puasa dan kapan lebaran). Jadi bisa dikatakan masjid ini memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan hari-hari besar agama Islam di Indonesia. Pokoknya kalau ke sini gak nyesel deh....



Untuk info detilnya sebagai berikut:

Masjid Agung Jawa Tengah bangunannya meneladani prinsip gugus model kluster dari Masjid Nabawi di Madinah. .Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada pada bangunan pusatnya dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya.

Masjid beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Keluarahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang.



Disamping bangunan Masjid disini juga dilngkapi fasilitas-fasilitas yang lain seperti: ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah dan auditorium. Dalam uapaya penggalian dana , dalam kompleks juga dibangun galeri pertokoan, ruang kantor yang disewakan, hotel dan toko cinderamata .

Sumber: http://semarang.go.id/pariwisata/index.php?option=com_content&task=view&id=49&Itemid=59

Salam Jalan-Jalan

Mas Senda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar