Kamis, 27 Agustus 2009

Bukit Telunjuk



Plesiran di Pulau Jawa sudah banyak di bahas, Kalimantan juga sudah, sampe Singapore juga udah di bahas. Sekarang kita kembali lagi ke pulau Sumatera.
Kali ini aku akan mengajak sobat lirak lirik melihat keindahan salah satu bukit yang berada di provinsi Sumatera Selatan, tepatnya berada di Kec. Merapi, Kabupaten Lahat. Ialah bukit Serelo, tetapi masyarakat Sumatera Selatan lebih mengenal bukit ini dengan sebutan Bukit Telunjuk atau Bukit Jempol.

Mendapat sebutan demikian karena bentuk bukit ini menyerupai jari Telunjuk / Jempol tangan manusia, pada saat mengepalkan tangan. Bukit ini diapit oleh dua bukit lainnya yaitu, bukit Senobot dan Bukit Besak ditambah lagi dengan aliran sungai lematang yang deras membuat kita tidak ingin beranjak dari kawasan ini.



Bukit ini sering menjadi tujuan para siswa dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan Hiking di musim liburan.

Kawasan ini biasanya menjadi tempat pemberhentian sejenak untuk santap siang bagiku dan keluarga ku disaat kita ingin mengunjungi desa kelahiran kakekku dari pihak Ibu.
Untuk menuju tempat ini, perjalanan dengan mengendarai mobil ditempuh dalam waktu +/- 5 jam dari kota Palembang.



Keindahan dan keunikan bukit ini sebenarnya dapat dijadikan tempat tujuan wisata untuk daerah sumatera selatan, tetapi pemerintah setempat belum ada perhatian untuk mengembangkannya.

Salam Jalan Jalan,
Ayuk Lin
Sang Lirik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar