Senin, 24 Agustus 2009

Berburu Intan di Kota Berintan

Palembang terkenal dengan sebutan Kota Pempek, Bogor Kota Hujan, Yogya kota Gudeg, maka julukan yang melekat pada kota ini adalah Kota Berintan. Ialah kota Martapura yang terletak +/- 29 km dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.



Memasuki pintu gerbang kota ini, banyak terdapat menara-menara masjid yang menjulang, santri-santri bersepeda, bapak2 yang mengenakan Peci Haji serta Ibu2 dengan busana muslimah yang santun. Selain kota Berintan, kota ini juga mendapat julukan Kota Santri.



Di kota ini memang terkenal akan kerajinan perhiasan dan pernak pernik yang berasal dari batu2an alam khas Kalimantan. Mulai dari Cincin, Kalung, Gelang, hingga miniatur pohon2 semuanya terbuat dari batu.
Tidak hanya perhiasan untuk wanita, untuk pria pun banyak pilihan.
Harga yang ditawarkan pun relatif. Mulai dari harga belasan ribu rupiah untuk perhiasan yg terbuat dari batu olahan sampai dengan puluhan juta rupiah untuk perhiasan yang terbuat dari batu alami seperti intan dan berlian yang bisa ditemukan disini.



Martapura merupakan surga belanja bagi pecinta perhiasan dan pengkoleksi batu2 alam.
Aku yang tadinya tidak terlalu suka akan perhiasan pun bisa menjadi gelap mata melihat semua perhiasan yang terpajang rapi di etalase2 toko di pusat perdagangan batu permata ini dan tentu saja karena harga yang murah.



Jadi, jika sobat lirak lirik akan ada rencana berplesiran ke kalimantan selatan, jangan lupa untuk singgah sejenak di kota Martapura untuk berbelanja perhiasan dan aneka souvenir disana.

Salam Jalan jalan,
Ayuk Lin
Sang Lirik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar