Kamis, 22 Oktober 2009

SMESCO Festival



Tiada bulan tanpa pameran mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan event-event yang diselenggarakan di JCC. Kali ini Sang Lirak berkunjung langsung ke sana dan mereportasekan isi SMESCO. Apa saja yang menarik?

Demo

SMESCO kali ini memiliki keunikan sendiri bila dibandingkan dengan pameran craft lainnya. Apa yang unik? Nah yang unik dari pameran ini adalah demo membuat batik, di sini kita bisa belajar membatik secara langsung lho! Pengikut demo ini anak-anak kecil yang penasaran membuat batik.

Wuah langkah ini benar-benar mendukung program cinta Batik Indonesia ya…. Memang sudah seharusnya batik kita lestarikan dan kita dukung upaya pembuatannya. Hayoo siapa yang mau jadi pembatik?

Stand Internasional

Selain stand lokal, SMESCO kali ini menghadirkan stand-stand internasional lho. Ada dari Thailand, Filipina, Vietnam, sampai Malaysia semua hadir di sini. Apa saja yang ditampilkan masing-masing stand?

Thailand menawarkan beberapa baju dan souvenir khas Thailand. Selain itu ada juga baju-baju daerah yang diperjual belikan. Buat yang suka dengan tas motif gajah, tas ini juga tersedia disini kok. Harganya? Lumayan miring kalau kita memiringkan kepala kita, hehehe….

Vietnam menampilkan pernik-pernik khas Vietnam dari mulai pajangan orang dengan pakaian khas Vietnam sampai pajangan-pajangan untuk rumah. Tidak hanya itu di stand ini juga memasang foto-foto suasana Vietnam dengan kesederhanaannya. Cukup menarik untuk dilihat.

Malaysia, hmm di SMESCO negara ini tidak menjual apapun kecuali informasi untuk kunjungan ke Malaysia. Tidak ada yang spesial untuk diceritakan, karena memang tidak ada yang mereka tonjolkan dalam pameran ini.

Filipina, kalau negara ini menonjolkan banyak hal tentang negaranya dari mulai makanan sampai pakaian dengan serat nanas mereka jual disini. Cukup menarik untuk dilihat dan penjaga standnya cukup ramah melayani kita.

Lomba produk

Nah dalam SMESCO kali ini ada lomba mendesain produk lho…. Dari mulai desain sepatu, furnitur sampai fashion semua dilombakan. Ssst yang menang lomba desain fashionnya teman Sang Lirak dan Sang Lirik lho!!! Namanya Laksmi Savitri, dia mendesain Bolero Van Java yang terinspirasi oleh ikan Cupang. Pokoknya unik deh….

Stand-stand daerah

Nah kalau ini mungkin tidak terlalu banyak berbeda dengan event lain, hanya saja kali ini ada yang beda dari SMESCO. Stand-stand yang ada kali ini dibuat lebih besar dari sebelumnya, sehingga para UKM yang mengisi tidak sebanyak dahulu. Jadi bisa dibilang lebih rapih dan tertata menarik.

Kesimpulannya

Event ini cukup sukses dan banyak menarik perhatian pengunjung terutama Sang Lirak yang doyan banget jalan ke pameran. Hehehe….

Salam Jalan-Jalan


Mas Senda
Sang Lirak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar