Minggu, 11 Oktober 2009

Model H. Dowa

Makanan khas dari Palembang yang selama ini terkenal adalah Pempek. Sekarang aku akan mengajak sobat lirak lirik untuk mengenal satu lagi makanan khas dari Bumi Sriwijaya ini, yaitu MODEL.



Masih dari turunan Pempek Juga, tetapi makanan satu ini dinikmati dengan tidak ditemani Cuka, seperti lazim nya Pempek.
Model adalah Pempek isi tahu yang di siram kuah Kaldu Udang. Jika diantara sobat lirak lirik sudah pernah merasakan apa yang nama nya Tekwan, maka rasa dari Model ini sendiripun tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya bentuk nya, jika Tekwan mirip bakso, maka Model Mirip Pempek Kapal Selam tapi di isi dengan tahu.



MODEL DOWA adalah salah satu tempat wajib yang harus aku kunjungi ketika pulang ke Palembang.
H. Dowa sendiri diambil dari nama pemilik nya. Mula nya kita hanya bisa menemukan gerai milik beliau ini di daerah 22 Ilir, tetapi sekarang sudah terdapat beberapa cabang di antaranya, di Jl. Srijaya Negara, Padang Selasa dan di Jl. Merdeka Palembang.



Sebetulnya Model ini bisa di temukan di segala penjuru kota Palembang, kenapa harus Model H. Dowa ? Yang membedakan adalah kuah nya, kaldu nya di buat dari campuran udang segar dan Ebi yg di haluskan betul2 menggugah selera. Selain udang dan model itu sendiri tentunya, terdapat campuran lain sebagai pelengkap, Jamur Kuping, Bengkoang yg di iris panjang, seledri dan bawang goreng.

jadi, jika ada diantara sobat lirak lirik yang akan berpergian ke Palembang, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi Model H. Dowa.

Salam Jalan Jalan

Ayuk Lin
Sang Lirik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar