Sabtu, 03 Oktober 2009

Kiri Kanan Kulihat Saja, Banyak Pohon Strawbery....



Gara - gara melihat salah satu tayangan jalan2 di televisi mengenai perkebunan strawbery di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, maka pada saat Ibu n adikku berlibur dan sekaligus menengo' aku ke jakarta, mereka minta di ajak ke tempat tersebut. Yang membuat mereka excited itu sebenarnya adalah kegiatan memetik buah strawberry langsung dari pohonnya.



Dengan mengendarai mobil dari Jakarta, perjalanan menuju Ciwidey, Bandung Selatan memakan waktu sekitar 4 jam. Memasuki kabupaten Ciwidey, kita disuguhi pemandangan perkebunan Strawberry di sepanjang sisi kiri dan kanan jalannya. Mulai dari perkebunan yg hanya memanfaatkan halaman rumah penduduk hingga perkebunan yang di kelola dengan profesional sebagai tempat tujuan wisata.



Setelah merasa menemukan perkebunan yang cocok menurut pandangan kita, keinginan untuk memetik strawberry dengan tangan sendiri tak terbendung lagi setelah melihat jajaran buah tersebut terpampang di depan mata. Untuk memetik Strawberry ini, sang pemilik kebun akan memberitahukan pohon2 mana yang bisa di petik dan bagaimana cara memetiknya. Yang paling baik adalah dengan menggunakan gunting agar tidak merusak tangkai buah di sebelahnya. Selain itu memetik strawberry pun ada waktunya yaitu antara jam delapan pagi hingga jam empat sore.
Satu kilogram strawbeery yg kita petik sendiri di hargai sekitar 40 ~ 50 ribu, tergantung dari kualitas buah dengan melihat ukuran fisiknya.



Saya pernah membaca satu artikel yang menyatakan bahwa Strawberry dijadikan sebagai lambang Cinta oleh masyarakat Yunani kuno karena warna, rasa dan manfaat buah ini.

Tanaman yang tergolong sebagai tanaman buah herba ini pertama kali di temukan di negara Chili, Amerika. Strawberry mulai di kenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan yang tinggi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi itulah strawberry mempunyai khasiat yang sangat banyak. Selain itu strawberry ternyata kaya Vitamin C, Serat, rendah kalori, folat, potassium, serta asam ellagic.



Berikut beberapa Manfaat Buah Stawberry (Sumber: www.fiermanmuch.com):
- Menyusutkan kadar kolesterol
- Membantu melumpuhkan kerja Aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya.
- Meredam gejala stroke
- Mengandung zat anti alergi dan anti radang
- Konsentrasi tujuh zat anti oksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas sehingga mengurangi proses penuaan.
- Kaya akan vitamin C yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak.
- Hanya sedikit mengandung gula sehingga cocok bagi pengidap diabetes
- Jika dimakan secara teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kuliat terlihat lebih cerah dan bersih, dan mencegah terjadinya keriput.
- Dapat dijadikan sebagai pemutih gigi, dengan menghancurkannya kemudian di tempelkan pada gigi selama satu atau dua menit, kemudian gosok dengan sikat gigi secara menyeluruh.
- Ampuh melawan encok dan radang sendi.
- Zat astringent yang terdapat di daun strawberry berkhasiat untuk menghentikan serangan diare, caranya dengan meminum tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry.


Salam Jalan-Jalan,

Ayuk Lin
Sang Lirik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar