Senin, 25 Januari 2010

Kambang Iwak

Kambang Iwak atau kolam ikan dalam bahasa Indonesia merupakan taman kota yang berada di antara jalan Tasik, Dr. Sutomo, Gajahmada dan Jl. Indra tempat dimana orang-orang Palembang biasa menghabiskan waktu bersantai nya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua dapat kita jumpai disini. Pagi hari, tempat ini biasa dijadikan arena jogging, di siang hari beragam aktivitas dapat dilakukan disini, mulai dari makan, belanja atau hanya sekedar menikmati pemandangan yang ada. Baik pemandangan taman itu sendiri, rumah dinas walikota yang berhadapan langsung ataupun lalu lalang kendaraan yang melintas tiada hentinya di keempat jalan diatas. Sore menjelang malam hari biasa nya pengunjung akan bertambah ramai terutama pada malam minggu atau malam-malam menjelang hari libur. Mereka biasanya menghabiskan waktu dengan santap malam bersama, baik dengan teman, kolega, pacar hingga keluarga.





Tepat di tengah-tengah kolam terdapat air mancur yang jika malam hari akan tampak indah sekali akibat pantulan dari lampu-lampu yang sengaja dipasang mengelilinginya. Arena jogging yang di bangun mengelilingi kolam ikan tersebut dibuat senyaman mungkin, lantainya sudah dipasangi keramik dan di beberapa bagian juga dipasangi penyangga2 yang berupa atap untuk melindungi para pengunjung dari sinar matahari. Ada pula satu bangunan yang dibangun agak tinggi yang terdapat tulisan Bank Sumsel, dipergunakan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan sekitar. Disni juga terdapat Hot Spot yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Pohon-pohon besar yang tersebar di sekeliling taman ini menambah suasana sejuk yang memang sudah terbangun.



Taman yang berada tepat di jantung kota palembang ini pada tahun 2007 sempat menadi taman terbersih dan juga di tahun lalu masuk dalam daftar 5 top list taman kota yang paling indah dan bersih dalam Virgie’s travel guide, Metro TV.



Sebelum direnovasi seperti sekarang ini, tidak banyak orang yang ingin mengunjungi tempat ini. Kambang Iwak hanya akan ramai pada hari minggu pagi, tempat dimana orang-orang melakukan berbagai olahraga, mulai dari lari-lari kecil, sprint ataupun beberapa gerakan peregangan otot. Selain itu di satu sisi yang langsung menghadap jalan Gajahmada, dulu merupakan pusat penjualan tanaman-tanaman hias. Semenjak renovasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah kota Palembang terhadap tempat ini, entah kemana larinya para penjual tanaman hias tersebut. Sekarang lokasi ini dijadikan pusat jajanan dan cinderamata.



Saya sendiri mempunyai kenangan khusus dengan Kambang Iwak ini, dulu semasa di SD, pada saat pelajaran Orkes (olah raga dan kesehatan), jika ada ujian untuk mengambil nilai cabang lari, maka tempat inilah yang akan dijadikan arena unjuk gigi siapa yang mempunyai waktu paling sedikit untuk mengelilingi taman ini. Bagi siapa saja yang pernah atau bahkan sedang bersekolah di SD Kartika II-3 (dulunya SD Kartika 3) pasti pernah merasakan berlari mengelilingi Kambang Iwak ini. Karena memang lokasi SD saya ini hanya berjarak +/- 500 meter dari Kambang Iwak. Di salah satu bagian terdapat satu pohon beringin yang sangat besar dan rimbun dan dikalangan anak2 SD beredar kabar yang mengatakan jika di pohon tersebut ada penghuni nya. Jadi pada saat kita berlari melintasi pohon ini, dipastikan langkah kaki kita akan dipacu lebih cepat :D



Sekian dulu postingan saya kali ini tentang taman kota yang berada di kota Palembang, sampai bertemu kembali dengan postingan-postingan berikutnya dari kita yang tidak kalah menariknya.

Salam Jalan Jalan,

Ayuk Lin
Sang Lirik

Sumber foto: Facebook Kambang Iwak

2 komentar:

  1. Iya sekarang kambang iwak ini sdh tampak bagus dan nyaman.
    di kolam ikan itu juga banyak terdapat ikan yg sengaja di tebarkan, ktnya siapa yg memancingnya akan di kenakan denda.
    Juga terdapat pohon dr negara luar. (aq lupa nama pohonnya n yg nanamnya)
    Pokoknya skrng sudah bagus deh.
    Siapa yg kepalembang jg lupa mampir ke sana ya. :)

    BalasHapus
  2. Kagek kalo aku balek kito mancing di kambang iwak be peh ;p

    BalasHapus