Jumat, 29 Januari 2010

Konser Alat Musik Gesek Sa' Unine

Untuk ketiga kalinya di bulan Januari 2010 ini saya berkesempatan menikmati suguhan pagelaran Musik yang sangat special. Jika dua pagelaran sebelumnya dinikmati di dalam satu ruangan teater, maka pagelaran kali ini diadakan di halaman depan gedung Bentara Budaya Jakarta (BBJ) yang berada di dalam kawasan perkantoran Gramedia-Kompas, Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta Pusat.



Acara yang diadakan pada tanggal 28 yang lalu yang di mulai pada pukul 19.30 WIB merupakan persembahan dari Rumah Budaya Tembi untuk ulang tahun Kompas yang ke-45. Oleh karena itu Sa' Unine membawa serta 45 orang pemain alat musik gesek ke Panggung Bentara. Tema yang diangkat untuk konser kali ini adalah "Masa Lalu Selalu Aktual". Sesuai dengan tema nya maka lagu lagu yang di usung pun tentu saja lagu-lagu "Jadul" yang bisa membawa kita bernostalgia ke masa-masa kecil kita.

Para personel Sa'Unine yang mengenakan celana hitam dengan atasan Sorjan, serta Oni selaku Konduktor mengenakan Sorjan dan Celana batik langsung membawa kita ke masa masa lalu dengan suguhan pertama yaitu lagu "Di bawah Sinar Bulan Purnama" yang memang seperti nya sengaja di pilih untuk mendukung suasana malam itu yang sedang disirami cahaya bulan.

Selesai dengan lagu pertama, Sa' Unine membawa kita untuk berkunjung ke empat pulau di Indonesia. Dimulai dari timur, kita mendapatkan suguhan lagu "Sio Manise" yang berirama riang, berasal dari pulau Maluku. Selanjutnya kita di bawa ke pulau Kalimantan dengan menikmati lagu "Kota Baru", dilanjut ke Pulau Sumatera dengan lagu "Kambanglah Bungo". Selanjutnya kita dibawa terbang jauh menuju Pulau Sulawesi dengan suguhan lagu "Angin Mamiri" yang mengalun dengan megahnya. Menutup Sesi lagu2 daerah ini, kita dibawa kembali ke Timur Indonesia dengan suguhan lagu "Ina Ni Keke".

Ternyata tidak hanya Alat Musik Gesek yang dapat kita nikmati pada malam itu, di tengah tengah pertunjukkan Oni memperkenal kan seorang teman lama nya yang juga seorang penyanyi bernama Krisna Widianto yang membawakan dua buah lagu yang bergenre pop. Agak merusak suasana yang sudah terbangun syahdu sebelumnya akibat hentakkan drum saat Krisna mempertunjukkan kebolehan suara nya. Tetapi, itu tidak berlangsung lama, karena kita kembali dibawa hanyut dalam lagu-lagu dolanan semasa kita kecil dulu di sesi berikutnya. Khususnya untuk orang jawa, pasti familiar dengan lagu lagu yang disuguhkan. Walaupun saya bukan orang Jawa, tapi saya cukup familiar dengan lagu lagu tersebut.

Sesi Dolanan ini di buka oleh "Cublak Cublak Suweng" yang langsung di sambut heboh oleh penonton. Oni juga menggandeng seorang Sinden yang bernama Silir Pujiwati untuk membawakan lagu "Lir Ilir" yang melengkapi suasana nostagia penonton akan permainan masa kecil dulu. "Padang Bulan" dan "Gundul Gundul Pacul" merupakan persembahan selanjutnya.
Di lagu Gundul Gundul Pacul, penonton di bawa untuk ikut bergoyang karena irama irama nakal yang disuguhkan membuat kita tidak bisa tidak ikut menggerakkan badan.
Konser yang berdurasi +/- 1 jam ini benar benar mampu memberikan satu suguhan yang berbeda dan tidak bisa di lupakan.

Mengenai Kelompok Sa' Unine

Sa’unine adalah komunitas pemain musik gesek dari ISI Jogjakarta. Komunitas ini terbentuk di tahun 1990 an berangkat dari sebuah kebutuhan untuk saling belajar dikalangan mahasiswa musik gesek di ISI. Dalam perkembangannya, komunitas ini selain banyak mengisi kebutuhan pemain musik gesek di beberapa orkestra di Indonesia seperti Nusantara Chamber Orchestra, Twilight Orchestra, Magenta maupun Edwin Gutawa Orchestra, mereka juga banyak mengisi kebutuhan di kelompok-kelompok musik yang memerlukan sentuhan permainan string. (Sumber: www.bentarabudaya.com)

Kamis Malam minggu depan tepatnya tanggal 4 Februari 2010 akan ada pertunjukkan dari seorang Gitaris yang Mumpuni Jubing Kristianto, masih bertempat di Halaman Gedung Bentara Budaya, acara akan dimulai pukul 19.00.
Bagi sobat lirak lirik yang ingin menyaksikan suatu suguhan permainan gitar yang apik, tidak ada salahnya untuk coba hadir di acara ini, siapa tau kita bisa ketemu disana ;)

Salam jalan jalan,

Ayuk Lin
Sang Lirik

Sumber Foto: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar