Selasa, 12 Januari 2010

Serunya Museum Wayang

Halo sobat lirak-lirik yang senang sekali berjalan menapaki inspirasi demi inspirasi. Kali ini Sang Lirak akan membahas tentang museum yang unik dan wajib untuk dikunjungi.



Adalah Museum Wayang yang berkutat di pelataran zona kota tua Jakarta. Museum yang dahulunya sebuah gereja dengan nama De Oude Hollandse Kerk ini sudah berubah fungsi menjadi Museum Wayang sejak tanggal 13 Agustus 1975 dan diresmikan langsung oleh gubernur DKI Jakarta kala itu, Ali Sadikin.



Museum ini menawarkan hal-hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Di museum ini kita akan melihat beberapa wayang yang ada di Indonesia. Wayang-wayang tersebut memiliki ragam dan jenis yang berbeda-beda lho. Ada wayang berbahan kulit, ada yang berbahan kayu, bahkan ada juga yang berbahan rotan.





Seolah ingin menunjukan wajah perwayangan Indonesia, museum ini menampilkan koleksi wayang yang cukup komplit. Tidak hanya wayang-wayang Indonesia saja yang bisa kita lihat, wayang dari China serta beberapa boneka puppet dari negara Eropa seperti Prancispun menjadi koleksi berharga di museum ini.




Ketika saya kesana, saya menemukan hal-hal menarik dan unik. Pertama saya tidak menyangka kalau Unyil dan keluarganya akan masuk ke dalam museum ini. Yang kedua tentang ruang pertunjukan wayang yang memang disediakan khusus untuk para pengunjung melihat pertunjukan wayang serta koleksi wayang kuno yang masih terawat dengan baik.



Sungguh sebuah pengalaman menarik yang sayang dilewatkan, so kata siapa museum gak keren? Ada hal-hal menarik dari museum yang bisa kita gali kok….

Ok, sekian dulu jalan-jalan kali ini. Tetap semangat mencari inspirasi dari jalan-jalan ya….

Salam Jalan-Jalan


Mas Senda
Sang Lirak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar