Sabtu, 05 Desember 2009

Museum Indonesia (Taman Mini Indonesia Indah)

Halo sobat Lirak-Lirik?

Seperti biasa tidak ada jalan-jalan yang tidak kita bahas di blog ini. Seperti biasanya selalu saja ada hal menarik untuk di ceritakan tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Hmm salah satu tempat yang pantas untuk dikunjungi adalah Museum Indonesia. Museum ini berada dalam kawasan TMII dimana banyak sekali rekam jejak tentang kebudayaan Indonesia dari mulai pakaian adat, upacara adat, sampai dengan miniatur kamar pengantin.



Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan berikut....

Gedung Museum Indonesia berarsitektur Bali tiga lantai dikembangkan dari filosofi tri hita karana, yang menjelaskan adanya tiga sumber kebahagiaan manusia, yakni hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan lingkungan alam.

Museum Indonesia menjalankan fungsinya melalui pameran tetap dengan tiga tema. Lantai I bertema Bhinneka Tunggal Ika, menampilkan pakaian adat dan pakaian pengantin secara lengkap yang meliputi 27 provinsi, sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia pada saat peresmiannya. Koleksi pakaian pengantin dan pakaian adatnya paling lengkap dan tidak dijumpai di museum lain di Indonesia, bahkan di dunia. Pameran keanekaragaman pakaian adat dan pakaian pengantin sekaligus merupakan cermin kemajemukan budaya masyarakat Indonesia, baik dilihat dari sisi agama, pakaian, kesenian, maupun adat istiadatnya.

Pameran di lantai II bertema Manusia dan Lingkungan, menampilkan benda-benda bundaya di lingkungan sekitar yang diwujudkan dalam bentuk rumah tradisional berupa rumah tinggal, rumah ibadat, dan lumbung padi. Bangunan-bangunan tersebut menyesuaikan keadaan lingkungan, misalnya rumah di dataran rendah, di atas pohon, dan di atas sungai. Selain itu juga ditampilkan ruang/bagian rumah, antara lain kamar pengantin Palembang, ruang dalam Jawa Tengah, dan ruang dapur Batak. Benda budaya dan peralatan mata pencaharian yang dipamerkan meliputi alat perikanan, alat berburu dan meramu, alat pertanian, serta upacara-upacara daur hidup (life cycle rites) yang ditampilkan dalam bentuk diorama, meliputi upacara tujuh bulan (mitoni), upacara turun tanah, upacara khitanan, upacara potong gigi (mapedes), upacara penobatan datuk, dan pelaminan Sumatera Barat yang mewakili upacara pernikahan.

Pameran di lantai III bertema Seni dan Kriya, menampilkan hasil seni garapan dan seni ciptaan baru, antara lain aneka kain yang meliputi songket, tenun, dan batik; berbagai benda kerajinan dari bahan logam perak, kuningan, dan tembaga; seni ukir dari bahan kayu gaya Jepara, Bali, Toraja, dan Asmat. Pohon hayat—yang diilhami gunungan dalam pertunjukkan wayang sebagai pembuka, pergantian, dan penutup suatu adegan dalam pertunjukan wayang—berdiri megah setinggi delapan meter dan lebar empat meter, lambang alam semesta yang mengandung unsur udara, air, angin, tanah, dan api. Penempatan Pohon hayat di lantai III sekaligus menutup rangkain cerita atas seluruh tema pameran secara keseluruhan.

Selain pameran tetap, secara berkala Museum Indonesia juga menyelenggarakan pameran dengan tema khusus, antara lain pameran topeng, kain, senjata, dan lukisan yang didukung oleh peragaan yang berkait dengan tema, misalnya peragaan membatik dan menatah wayang.

Pengunjung bukan hanya wisatawan nusantara, terutama para pelajar dan mahasiswa yang diberi tugas berkaitan dengan mata pelajaran atau mata kuliahnya, melainkan juga wisatawan mancanegara; bahkan oleh TMII Museum Indonesia secara khusus dijadikan tujuan kunjungan tamu negara.

Museum juga dilengkapi fasilitas Bale Panjang, Bale Bundar, dan bangunan Soko Tujuh yang dapat disewa oleh masyarakat umum untuk keperluan pesta pernikahan, seminar, ataupun pertemuan.

Kesan-kesan Sang Lirak




Museum ini wajib dikunjungi untuk kita yang ingin sekali lebih dekat dengan Indonesia, karena museum ini benar-benar menceritakan Indonesia. Kalau boleh jujur museum ini sebenarnya adalah rangkuman dari semua anjungan yang ada di TMII. So, kalau belum sempat kunjungi anjungan-anjungan yang ada di TMII. Museum ini cukup mewakili rasa ingin tahu kita tentang Indonesia.

Nah yang paling saya suka dan tidak bisa saya lupakan dari museum ini adalah bangunannya yang brilian. Desain Balinya membuat museum ini benar-benar artistik, ketika saya berkunjung ke sana, saya seperti berjalan-jalan di daerah Bali. Hmm pokoknya keren abis deh....

Sumber: Situs Taman Mini Indonesia Indah di http://www.tamanmini.com/index.php?modul=wisata&cat=WMuseum&textcat=indonesia&wisataid=358737803226

Salam Jalan-Jalan



Mas Senda
Sang Lirak

1 komentar:

  1. haha...sen, ms foto lo smua yg ditampilin, fto gw ama mutia jg donk...whahahaha!!

    BalasHapus