Rabu, 09 Desember 2009

Menyempilnya Candi Gebang

Masih membahas candi, kali ini sang lirak akan mengajak sobat lirak-lirik untuk menilik lebih jauh candi Gebang. Mau tahu keunikannya seperti apa? Mari kita bahas langsung….

Letak dan Lokasi



Candi Gebang terletak di Gebang, Wedomartini, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Perjalanan menuju candi ini lumayan sulit, karena akses jalan menuju candi ini agak terpencil. Berbeda dengan candi-candi sebelumnya yang relatif mudah, jalan menuju candi Gebang agak masuk ke perumahan warga sehingga menyulitkan kita menemukan candi ini. Terlebih plang candi yang relatif kecil tentunya membuat siapa saja sulit menemukan candi ini.
Saran saya sekali, gunakanlah motor untuk mencapai candi ini, karena motor dapat dengan mudah mencapai lokasi candi Gebang.

Yang menarik di candi ini



Hmm bila dibandingkan dengan candi-candi yang pernah saya sambangi sebelumnya, mungkin saya bisa bilang candi ini adalah candi paling kecil. Bentuknya seperti miniatur dari candi Prambanan. Yah, tidak terlalu menarik untuk dilihat, tapi wajib untuk dikunjungi karena candi ini cukup rapih bila dibandingkan dengan penataan candi lainnya.

Candi ini memiliki ukuran 5,25 x 5,25m dimana di dalamnya terdapat Yoni tapi tanpa Lingga. Entah mengapa tidak ada lingganya, ketika kami tanyakan pada petugasnya, ia tidak terlalu mengetahuinya.


Di sisi kanan terdapat Arca Nandiswara (Dewa Penjaga Arah Mata Angin), sedangkan di sisi lainnya terdapat Arca Manakala yang lagi-lagi hilang diambil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulannya

Well, candi ini cukup menarik untuk kita kunjungi. Meski bila dibandingkan dengan candi Plaosan mungkin tidak ada apa-apanya. Tapi ok untuk dikunjungi lah…

Salam Jalan-Jalan


Mas Senda
Sang Lirak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar