Rabu, 09 Desember 2009

Ngos-ngosan di Candi Barong

Waduh kalau nyebut candi ini yang saya bayangkan adalah ngos-ngosan. Betapa tidak candi ini membuat saya dan teman saya ngos-ngosan dibuatnya. Fiuh rasanya cukup membuat letih ketika saya dan teman saya mendatanginya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Lokasi



Wuih kalau lokasi candi ini tidak terlalu jauh. Letaknya di tengah-tengah bukit candi Ratu Boko dan bukit candi Candi Ijo. Kalau dari perempatan yang mengarah ke candi Banyunibo letaknya candi Barong lurus saja, nanti ketemu pertigaan belok kiri sampai mentok. Setelah mentok, titipin motor kita di rumah warga (disarankan bisa berbahasa Jawa agar lebih memudahkan dalam melakukan proses penitipan).

Nah letak candi ini berada di bukit Batur Agung, dusun Candi Sari, desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Lokasinya cukup dekat dengan candi Ratu Boko, lha wong dari sini kita bisa lihat candi Ratu Boko kok….

Keunikannya



Candi ini memiliki keunikan yang berbeda dengan candi-candi lain. Di candi ini kita akan menemukan penataan yang unik bila di bandingkan dengan candi lainnya. Jika dilihat dengan seksama penataannya lebih memusat ke belakang. Berbeda dengan candi-candi lain yang memusat ke tengah.

Candi Barong terdiri dari tiga halaman



Halaman satu terdiri dari dua buah candi, sedangkan di halaman ke dua dan ketiga tidak terdapat candi. Untuk ukuran candinya 8,18 x 8,18 m dan tinggi 9,05 m. Candi ini mulai dipugar pada tahun 1987.

Di dalam bangunan ini terdapat 9 kotak bujur sangkar gambaran dari Wastursamandala. Nah di candi ini ditemukan 2 arca Wisnu dan satu arca Dewi Sri. Ada juga kotak Peripih dari bahan Andesit, di dalam satu peripih di temukan lembaran-lembaran emas dan perak yang alasnya digoreskan tulisan yang sudah tidak terbaca. Selain itu ditemukan pula keramik, guci dan mata kapak.

Kesimpulannya



Candi ini memiliki keindahan yang menawan hati siapa saja yang ingin melihat candi. Keindahan candinya menurut saya jauh melebihi candi Gebang dan candi Sambi Sari. Dari atas candi kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa, meski untuk mencapainya kita harus berjuang melawan peluh dan letih, ketika sudah sampai semua itu terbayangkan. Rasanya puas sekali bisa ke sana. So, kalau ke Jogja gak mampir ke candi ini nyuesel banget deh….

Salam Jalan-Jalan



Mas Senda
Sang Lirak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar