Kamis, 10 Desember 2009

Sensasi Soto Banjar di Pinggiran Sungai Pangambangan, Banjarmasin

Plesiran ke tiap tiap daerah, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi makanan/masakan khas dari daerah tersebut.

Kali ini saya akan mengajak sobat lirak lirik untuk mencicipi makanan khas dari daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan.



Sewaktu berkunjung ke Banjarmasin, saya berkesempatan mencicipi makanan khas Banjarmasin yaitu Soto Banjar. Berdasarkan rekomendasi dari sodaraku yg menetap disana, salah satu Soto Banjar yang enak itu berada di pinggiran sungai Pangambangan di warung Bang Amat, tepatnya berada di Jl. Benua Anyar RT. 02 No. 56, Banjarmasin.

Lokasi warung yang berada di bibir sungai yang alirannya menuju ke sungai Martapura ini, memberikan sensasi pengalaman tersendiri. Menyantap makanan khas Banjar dengan diiringi deru mesin Klotok yang berseliweran di atas sungai, membuat kita betah untuk duduk berlama lama di warung Pak Amat ini.



Umumnya Soto Banjar dinikmati dengan ketupat, tapi ada juga yang pesan dengan nasi, tergantung selera masing2 orang. Campurannya terdiri dari daging ayam yg disuwir, wortel, bihun, telur bebek (ini yg menjadi khasnya soto Banjar) disiram dengan kuah soto yg gurih. Supaya ada cita rasa segar di sotonya, dapat pula ditambahkan perasan air jeruk nipis.



Tidak hanya soto, di warung ini juga menjajakan Sop, Sate Ayam / Kambing dan beberapa penganan kecil khas Banjarmasin.
Sate yang di jual di sini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan sate2 lainnya, yang membuatnya istiwewa adalah bumbunya. Bukan kacang tanah yang di pakai, tetapi kacang Mede.

Nah, sobat Lirak lirik, jika sedang berencana untuk berplesiran ke kota Banjarmasin, jangan lupa untuk mencicipi Soto Banjar dan Sate di warung Bang Amat.

Salam Jalan Jalan,

Ayuk Lin
Sang Lirik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar