Selasa, 20 Juli 2010

Jabal Uhud

Hola sobat lirak-lirik, setelah vakum beberapa lama dari dunia tulis menulis jalan-jalan, kali ini saya akan menampilkan penjelasan tentang Jabal Uhud. Sudah siap mendapatkan informasi tentang Jabal Uhud? Mari kita bahas sekarang juga….

Tentang Jabal Uhud



Jabal Uhud adalah gunung terbesar yang terletak kurang lebih lima kilo meter dari kota Madinah. Nah di jabal ini adalah saksi bisu bagaimana perjuangan para syuhada memperjuangkan Islam. Salah satu syuhada yang tewas di Jabal Uhud adalah paman kandung Rasulullah SAW, yang bernama Hamzah.

Jadi dahulu ketika Perang Uhud, kamu Quraisy ingin sekali membalas kekalahan mereka dalam Perang Badar, salah satu orang yang paling memiliki dendam kesumat adalah Hindun, dia adalah seorang janda yang suaminya dibunuh oleh Hamzah ketika perang Badar.

Saat itu ia bersumpah akan membunuh Hamzah dan memakan jantung Hamzah. Ketika perang Uhud dimulai, awalnya pasukan muslim menang dan berhasil memukul mundur kaum Quraisy, tetapi karena kaum Quraisy licik mereka memutari gunung Uhud dan berhasil menyerang pasukan muslim dari arah belakang. Nah salah satu yang terbunuh adalah Hamzah, dengan tangan Wahsy (Orang suruhan Hindun) paman nabi kemudian terbunuh. Melihat jasad Hamzah, Hindun yang kalap menuntaskan janjinya dengan mencoba memakan jantungnya. Tahukah sobat, berkali-kali Hindun mencoba memakan jantung Hamzah namun gagal kemudian seperti orang gila dia bersyair menghujat Hamzah.

Kuasa Allah SWT



Akhirnya paman nabi dikuburkan di dekat Jabal Uhud. Tahukah sobat di jabal ini saya merenung dalam tatkala seorang penjaga menceritakan tentang kondisi jasad paman nabi saat terjadi banjir besar-besaran di Madinah.

Kala banjir itu, Madinah menjadi banjir dan Jabal Uhud termasuk daerah yang memiliki tingkat tergenang cukup tinggi, hal ini membuat pemakaman paman nabi tidak karuan dan akhirnya pemerintah Arab kemudian membongkar makam beliau untuk memindahkan jasad beliau. Tahukah sobat apa yang terjadi ketika makam tersebut akan dipindahkan?

Semua jenazah termasuk paman nabi ternyata jasadnya masih utuh, dan yang paling mengenaskan adalah di dada kiri paman nabi sudah bolong tanpa jantung sama sekali. Jujur mendengarnya membuat saya merenung. Ternyata betapa Allah menunjukan kuasanya ketika ada mahluknya yang mati-matian membela agama-Nya.

Bahkan sudah meninggalpun Allah SWT masih menjaga jasadnya, benar-benar tidak bisa dibayangkan semua itu. Jikalau saya nanti apakah saya akan seperti Hamzah yang selalu dijaga jasadnya? Allahualam….

Jabal ini ada di surga lho….



Nabi Muhammad SAW, pernah berkata ketika ia melihat surga, ia melihat Jabal Uhud adalah salah satu tempat yang ada di surga. Insya Allah ketika kita melihatnya di alam dunia kita akan bertemu dengan Jabal Uhud di hari akhir nanti. Semoga kita salah satu orang di dalamnya, amin….

Salam Jalan-Jalan


Mas Senda
Sang Lirak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar