Selasa, 06 Juli 2010

Tips and Trik Selama di Madinah



Yang belum pernah ke Madinah, ini ada tips sedikit untuk sobat lirak lirik, mau tahu seperti apa, check it out:



1) Kalau mau belanja pakaian muslim terusan panjang, sebaiknya beli di pertokoan bawah tanah, karena harganya lebih murah bila dibandingkan dengan harga di atas.



2) Kalau mau beli kurma yang murah, sobat lirak lirik bisa beli di pasar kurma yang letaknya sekitar 600 meter dari masjid Nabawi. Di pasar ini kita bisa coba makan kurma sepuasnya, plus melihat kebun kurma. Kalau mau lihat bagaimana proses pemetikan kurmanya datanglah di akhir bulan Rajab, karena pada bulan ini terjadi musim panas di Madinah.



3) Kalau sakit dan demam, jangan ragu untuk masuk klinik dan rumah sakit yang ditunjuk pemerintah. Masalah biaya nggak usah khawatir, selama kita memegang pasport atau tanda pengenal umroh, semuanya gratis.



4) Orang Arab pandai merayu dan semangat dalam menjual, saking semangatnya tangan kita akan ditarik-tarik oleh mereka (untuk yang ikhwan saja, jadi yang akhwat jangan khawatir), nah kalau sudah begini kita harus pandai-pandai mencuri-curi pandang melihat dagangan mereka, agar tidak ditarik-tarik untuk membeli, hehehe….



5) Orang Arab sangat suka dengan kamera, beberapa kali mereka memperhatikan kamera saya dan memotret saya dengan senang hati, pas banget buat yang doyan di foto kayak orang Indonesia, wehehehe….



6) Kalau belanja perhatikan detil darimana buatannya, karena di Madinah banyak sekali barang yang bertuliskan made in China.



7) Harus nyobain susu merek Al Marai, susu merek ini enak banget dan tidak eneg. Rasanya akan sangat segar bila diminum panas-panas. Ada lagi yang mereknya Nadec, kalau ini milknya full cream, jadi rasanya sedikit berat dari Al Marai.



8) Jangan lupa beli kebab, kebab di sini enak lho, ada rasa daging lembu dan ayam, it’s so yummy….



9) Kacamata hitam, harus selalu dipakai tatkala kita jalan-jalan. Cuaca panas mungkin kita ok-ok saja, tapi silaunya itu tidak tahan….



10) Kalau mau telephone ke Indonesia, saya sarankan beli nomor baru. Operator yang bagus di Arab adalah Mobily. Yang kedua adalah Sata (kalau di Indonesia Axis, lambangnya mirip banget dengan Axis di Indonesia).



11) Bawa selalu air minum kemanapun kita melangkah. Di Madinah, panas tidak akan membuat kita keringatan, tapi justru itu yang harus kita waspadai. Sebab pada dasarnya panas seperti ini biasanya malah lebih cepat membuat kita dehidrasi.



12) Jangan lupa pakai sun block kemanapun kita melangkah.

13) Kalau mau beli oleh-oleh tawar dulu, trus kalau nggak boleh pura-pura melangkah jauh, nanti juga mereka akan kejar kita (hanya untuk belanja barang dan bukan untuk belanja kurma ya).


Salam Jalan-Jalan


Mas Senda
Sang Lirak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar